Minggu, 13 November 2011

Dialog iblis dan Yesus

Ini merupakan sebuah peristiwa Percobaan yesus di padang gurun. Ada 3 peristiwa yang dicobai iblis kepada yesus :

Peristiwa pertama adalah : peristiwa Yesus dicobai untuk mengubah batu menjadi roti. 
Peristiwa kedua adalah :peristiwa Yesus menjatuhkan diri diatas bait allah.
Peristiwa ketiga adalah peristiwaYesus harus menyembah Iblis.

Dan hari ini kita mencoba menggali peristiwa yang pertama, yaitu yesus mengubah batu menjadi roti. 

Saya ingin memulainya dengan sebuah dialog, dengan iblis dan Yesus. 


Aan: bisakah anda menceritakan tentang keadaan sebenarnya, ketika peristiwa itu berlangsung?
Iblis: pada saat kejadian perkara, yesus berjalan sendirian. Kalau tidak salah itu pada siang hari. Dan kalau siang hari perlu diketahui dipadang gurun .... Sangat panas. Bisa mencapai 48 derajat dan kalau malam hari bisa hingga minus 10 derajat. 

Ditengah keadaan puasa, saya melihat ada peluang untuk mencobai yesus.


Aan: dalam catatan saya, dimana anda diijinkan untuk mencobai yesus, hanya sekali, Artinya tidak ada lagi persitiwa dimana kamu diijinkan lagi untuk mencobai yesus. 

Pertanyaan saya, Tentu ada melakukan persiapan untuk melakukan hal tersebut, bisakah anda menceritakan persiapan apa saja yang anda lakukan ?

Iblis: saya menunggu yesus sampai 40 hari. Persiapan saya sangat matang. kalau siang saya makan nasi, kalau malam minum susu.  Dingin-panasnya cuaca, panas dingin nya saya,  sampai saya melihat kondisi yesus yang benar-benar lemah. Saya amati dia.

Saya berpikir dengan kondisi yang lemah sebagai manusia dia bisa jatuh dalam percobaan saya. Namun pemikiran saya ternyata salah. Meskipun dia sedang keadaan yang lemah, yesus tetap melakukan kehendak allah. Jujur saya kagum, tidak seperti manusia sekarang.


Aan: emang kenapa dengan manusia sekaran ?
iblis: sama seperti hidupnya bangsa israel. Digoda dikit saja sudah jatuh kelempangan seperti belutnya haji noer.

Saya teringat dengan bangsa israel, selama 40 tahun juga berada di padang gurun, mereka lapar, ketika saya goda di pikiran mereka daging meskipun seupil-upil dan roti sedikit saja mereka langsung jatuh. 

{Keluaran 16:3-->dan berkata kepada mereka: "Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan]

Saya teringat akan sebuah nyanyian yang indah pada waktu itu...hampir dari mereka berkata makan...makan...makan. Itu nyanyian yang indah buat saya

Tapi tidak demikian dengan yesus, dia tetap kuat menjalankan kehendak tuhan.

Track
Aan: tapi apakah harus dengan memberikan cobaan dengan disuruhnya makan ?
Iblis: ini....ini....ini...jangan salah! Banyak orang jatuh dan terjadi banyak konflik karena urusan makan loh. 

Track
Aan: Bisa dikasik contoh ?
iblis: Coba anda inget. 
1. Jatuhnya manusia dalam dosa, karena apa memakan buah pengetahuan. 
2. Inget ketika terjadi polemik kacang-merah. 
3. 


Mengapa saya suruh dia mengubah batu menjadi roti, kan waktu itu yesus sedang puasa, ya tentu paling cocok adalah soal makanan. Kalau ada di jaman sekarang ya saya akan meminta yesus untuk menulis di wall Allah bapa "bapa, anakmu lapar? Disurga lagi pesta ya". Atau saya minta yesus menulis di tweter "panas-panas gini enaknya makan apa ya". 

Track 3

Aan: mengapa kamu, meminta yesus mengubah batu menjadi roti? 

Iblis: begini, kalau saya minta yesus mengubah yang lain itu menjadi roti, pastinya merepotkan banyak orang dan gak mungkin. 

Track 

Aan: maksudnya?

Iblis: kalau saya meminta menubah pasir menjadi roti? Tentu bukan lagi padang gurun tapi padang roti, Kalau saya suruh mengubah pohon kurma itu lebih repot lagi. Coba bayangkan pohon korma setinggi 3 meteran nah, rotinya kan juga 3 meter tingginya. Dan kalau yesus hanya memakan seperempat saja, sisanya mau dijadikan 7 keajaiban dunia, yang bersaingan dengan komodo, laut mati atau menara eifel.

Ya karena pada waktu dipadang gurun itu yang ada hanya batu. Ya saya minta yesus untuk mengubah batu itu menjadi roti. 

Track 

Aan: lalu mengapa harus roti, kan manusia tidak hidup dari roti saja mungkin bisa juga nasi, mie atau makanan yang sedang trend pada saat itu ?

Iblis: ya kalau sekarang sih bisa saja, tapi pada jaman dulu mana mungkin. Kalau saya minta untuk mengubah nasi campur tambak bayam atau nasi rawon kalkulator, Makan nasi putih tok juga gak enak, nantinya siapa yang bawain sayur dan kuahnya. Emang surga catering. Surga itu penuh pujian man, semua pada repot memuji allah bapa. Gua ini meskipun jelek, dibenci banyak orang, saya ini mantan anak buahnya loh. Saya tahu surga.

Nah kalau suruh ubah yesus jadi mie? Lalu siapa yang makan. Yesus jadi bingung makanya mie, siapa yang siapin mangkok, belajar dulu pakai sumpit, belum lagi harus ada saos, kecap, sambal ? Kan saya juga yang repot. Malessseeeee

Aan: panteslah kaemarin ada tulisan di helm,
Iblis: tulisan apa itu?

aan: orang males temannya temannya setan, bos nya aja males). 

Demikian wawancara saya dengan iblis. Kita lanjutkan wawancara saya dengan yesus, untuk mendapatkan peristiwa utuh dari peristiwa cobaan yesus dipadang gurun.

Track 

Aan: tuhan yesus, tadi saya sudah mendapatkan informasi dari iblis tentang pecobaan dipadang gurun, sebenarnya kondisi tuhan pada saat itu seperti apa? 

Yesus: saya pada saat itu sangat sedih sekali, 

Aan : mengapa tuhan? 
Yesus: 1bulan sebelum kejadian, kami bapa, roh kudus bertemu bersama di sungai yordan. Itu pertemuan yang romantis buat saya. Tapi roh kudus mendorong saya untuk pergi kepadang gurun, saya sendirian, kesepian, puasa lagi, lapar, haus, panas, kedinginan. 

Track

Aan: ketika kejadian perkara, apakah tuhan tidak merasa lapar setelah berpuasa 40 hari 40 malam ?
Yesus: ya laparlah, saya juga manusia. Saya selalu memimpikan, makanan buatan mama saya, maria dan tante saya elizabeth, dan masakan dari par murid2ku.

Track 

Aan: apakah Tuhan juga membenci makan, setelah selesai berpuasa, sampai tuhan tidak mau mengubah batu menjadi roti?
Yesus: oh jangan salah, saya itu suka makan. Gak pernah baca Alkitab ya? Payah ini 

Track 

Aan: maksudnya Tuhan?
Yesus: Saya pernah makan dengan orang farisi namanya zakeus, setelah zakeus bertobat, meskipun para ahli taurat membenci tindakan saya.
Sebelum saya naik ke surga, saya juga makan bersama murid-muridku, waktu itu makan ikan goreng. 
Sebelum saya menegor muridku saya biasa makan-makan dulu, sesudah mereka kenyang saya baru menasehati mereka, cara yg paling jitu saat itu.

Track 

Aan: lalu, mengapa tuhan tidak mau mengubah batu menjadi roti, karena tuhan waktu itu lapar. Hmmmmm....apakah batu yang disuruh iblis itu kecil, kalau yesus ubah juga belum kenyang ataaooo apakah batu yang diminta oleh iblis itu terlalu besar, dan takutnya gak habis di makan, kemudian sisanya menjadi salah satu kejaiban dunia, apakah itu menjadi penyebabnya engkau tidak mengubahnya menjadi roti. 

Yesus: Hhhaaaaa..... Ada aja....Yang pasti karena iblis yang menyuruhku. 

Track 

Aan: mengapa, Bukannya engkau itu lapar ? 

Yesus: waktu itu saya sebagai manusia, tentu saya lapar dan kalau saya lapar ya pasti saya makan. Tapi karena iblis itu menyuruhku saya tidak mau. Iblis akan berkata ternyata "tuhan yesus kalah sama makanan". Oh tidak bisa.... 

Track 

Aan: jangan-jangan tuhan tidak bisa mengubah batu menjadi roti?
Yesus: begini ini, contoh orang yang gak pernah percaya saya aku. Saya ini adalah allah....saya mampu mengubah apapun. 

Badai pun bisa saya hentikan. Saya bisa menghidupkan orang yang sudah mati, apalagi sakit, ingat gak saya mampu mengubah dua ketul roti yang kecil-kecilitu bisa berubah menjadi 5000 orang dan sisanya 12 bakul. Jangan lupa ada yang bawa pulang roti itu.

Track

Aan: apakah hanya itu tuhan 
Yesus: oh, tentu tidak. Kalau saya makan makan pada saat itu, saya hanya mementingkan diri saya. Saya hanya memuaskan kedagingan saya. Saya hanya merasakan kenikmatan sementara namun tak mampu menjalankan kehendak dari Allah Bapa. Saya tidak mau. 

Aan:boleh saya bertanya sebesar apa kehendak Allah itu?
Yesus: kehendak Allah itu adalah makanan bagi hidup saya. 

{Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya yohanes 4:34}

Demikian tadi wawancara saya di dua tempat yang berbeda. 

Mungkin kita tertawa mendengarkan ilustrasi tadi. Tapi sejujurnya ada beberapa kebenaran yang bisa kita ambil: 
1. Ujian percobaan tidak akan jauh dari sisi kehidupan kita masing-masing, tidaklah mungkin diluar kehidupan kita. 
Contoh: kita tidak akan diuji dengan uang milyardtan dolar, karena kita sendiri tidak pernah ketemu uang dolar.

2. Ujian itu adalah sarana untu menguji standar dari kehidupan kita. Apakah kepuasaan kita ataukah kehendak tuhan. 
Contoh: apakah makan itu salah ?

kejadian 27: 1-4

Ketika Ishak sudah tua, dan matanya telah kabur, sehingga ia tidak dapat melihat lagi, dipanggilnyalah Esau, anak sulungnya, serta berkata kepadanya: "Anakku." Sahut Esau: "Ya, bapa." (2) Berkatalah Ishak: "Lihat, aku sudah tua, aku tidak tahu bila hari kematianku. (3) Maka sekarang, ambillah senjatamu, tabung panah dan busurmu, pergilah ke padang dan burulah bagiku seekor binatang; (4) olahlah bagiku makanan yang enak, seperti yang kugemari, sesudah itu bawalah kepadaku, supaya kumakan, agar aku memberkati engkau, sebelum aku mati."

Sebelum aku mati, tak berkati kamu...tapi...ijinkan aku untuk makan dulu ya, makana kesukaanku, Kemudian munculah konflik antara esau dan Yakub, gara-gara makan.